Apakah Waralaba Itu?

Gogosumo.com – Waralaba atau franchise, berasal dari bahasa Perancis yang berarti kebebasan. Dimana istilah ini pada awalanya berkaitan dengan kebebasan sistem perekonomian di Perancis dan Inggris yang memberikan keleluasaan pada bangsawan untuk mengelola tanah dan kerajaan sebagai pemilik tanah berhak mendapat upeti atau royalti dari penggunaan lahan tersebut.

Namun berkembangnya zaman, ternyata kemudian Amerika Serikat yang lebih mempopulerkan sistem bisnis waralaba atau franchise tersebut ke dunia.

Sebagai pencetus awal bisnis waralaba di Amerika Serikat adalah Isaac Singer pemilik merk mesin jahit Singer di sekitar tahun 1950-an.

Pengertian waralaba adalah hubungan kerjasama dagang antara pemilik merk atau perusahaan waralaba dengan perorangan atau perusahaan lain yang tertarik menggunakan merk yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan, sistem, hukum maupun prosedur yang telah ditentukan dalam kurun waktu tertentu dan mencakup wilayah tertentu.

Bisnis waralaba sangat mewabah saat ini, bahkan di Indonesia, mulai bermunculan perusahaan-perusahaan waralaba lokal.

Rata-rata franchise tanah air lebih banyak yang bergerak di bidang kuliner atau makanan, sebut saja Ice Cendol Idol, Kebab Turki Baba Rafi, Ayam Fatmawati, Bebek Penyet Pak Ndut, dan lain-lain.

Dan memang seperti yang terjadi di Amerika Serikat, perusahaan waralaba yang paling berkembang pesat dan maju merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan, yaitu makanan cepat saji seperti Mc Donald maupun A & W Root Beer, begitupun minuman soda seperti Coca Cola dan Sprite.

Perusahaan waralaba memiliki pertumbuhan yang cepat karena mereka telah memiliki nama tersohor sebelumnya. Sehingga setiap kali membuka cabang di daerah manapun, konsumen akan menilainya sama dengan cabang pertama.

Apabila merk dagang yang dimiliki memang dianggap berkualitas awalnya, maka setiap pembukaan cabang baru tidak akan mengalami kesulitan untuk berkembang.

Bisnis waralaba selain dimanfaatkan pelaku bisnis untuk melebarkan sayap, juga memberikan banyak lowongan kerja. Didukung merk dagang ternama, biasanya perusahaan waralaba tidak kesulitan untuk mendapatkan lokasi dagang tenaga kerja bermutu maupun menarik pelanggan.

About admin

Over the past 4 years, I have gained valuable experience in writing articles. In carrying out the role as an article writer, I am accustomed to conducting in-depth research, analyzing information, and compiling writing with a clear and organized structure. I am also always committed to providing accurate, relevant and interesting content for readers.

Check Also

4 faktor meningkatkan minat belanja konsumen

4 faktor meningkatkan minat belanja konsumen – Ada peribahasa yang sudah menjadi rahasia umum yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *