10 Aplikasi Trading Saham Online Terbaik Terpercaya

Trading saham online kian dilirik oleh pelbagai kalangan masyarakat di zaman yang terus berkembang seperti saat ini. Apalagi ketika pandemi mulai menyapa di tahun 2020 lalu sehingga menekan kondisi pasar saham negeri ini.

Kondisi tersebut akhirnya memaksa para investor ritel untuk berbondong-bondong terjun dalam dunia instrumen investasi satu ini. Apalagi, harga saham yang terus anjlok dari hari ke hari membuat tak sedikit investor pemula justru tertarik menjajal peruntungan untuk berinvestasi saham, terlebih harganya sedang terjangkau untuk dibeli .

Akan tetapi, di luar kondisi yang memang tak sering terjadi ini, trading saham online memang nyatanya cukup menjanjikan. Para ahli mengatakan, bahwa terdapat potensi besar dalam hal imbal hasil daripada jenis investasi lain. Namun jangan salah, besarnya imbal hasil ini pun sebanding dengan risiko yang dihadapi.

Oleh sebab itu, seorang investor baik profesional maupun pemula harus tetap mempertimbangkan segala profil risiko ketika hendak memilih instrumen investasi. Jika memang dirasa siap, jangan lupa pula untuk melakukan berbagai kajian dan riset saat memutuskan terjun ke dunia saham.

Aplikasi trading saham online terbaik di Indonesia

Cara paling mudah untuk berinvestasi saham di zaman serba canggih seperti saat ini adalah menggunakan aplikasi trading saham online. Umumnya, aplikasi semacam ini memang disediakan khusus oleh berbagai perusahaan sekuritas yang telah mendapat izin dari OJK.

Tentu saja, kehadiran aplikasi ini sangat membantu para investor pemula. Cukup melalui aplikasi yang diakses melalui smartphone, Anda sudah bisa mendaftar sampai melakukan kegiatan jual-beli instrumen saham yang diinginkan.

Berikut ini beberapa aplikasi trading saham online terbaik dan terpercaya yang bisa dijadikan referensi terbaik.

1. Ajaib

Salah satu aplikasi trading saham online yang cukup terpopuler saat ini adalah Ajaib. Selain memberikan kemudahan di setiap fitur yang ditawarkan, Ajaib menggaet aktor asal Korea Selatan yaitu, Kim Seon Ho yang dikenal melalui drama serial populer berjudul Start Up.

Meski bisa dibilang sebagai pemain baru untuk aplikasi penyedia trading saham secara online, Ajaib menaungi dua grup perusahaan besar, yaitu Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana. Dengan begitu, Ajaib mampu menghadirkan dua opsi investasi paling digemari saat ini di antaranya adalah saham dan reksadana.

Melalui fasilitas tersebut, Anda sebagai nasabah tak perlu repot untuk menggunakan berbagai aplikasi lagi ketika hendak berinvestasi saham maupun reksadana. Sementara kelebihan lain yang ditawarkan oleh Ajaib adalah user interface yang memudahkan para investor pemula.

2. BCAS Best Mobile

Selain Ajaib, Anda juga bisa menggunakan aplikasi trading saham online dari BCA Sekuritas yang dikenal dengan nama BCAS Best Mobile. Diketahui, user interface aplikasi satu ini sangat friendly dan memudahkan pengguna.

Melalui aplikasi BCAS Best Mobile, Anda akan dikenakan fee beli cukup murah, yakni sekitar 0,18 persen dengan fee jual 0,28 persen. Beberapa fitur unggulan dari BCAS Best Mobile ini adalah stock info, real time market data, portfolio, expert order, watchlist, dan stock chart.  

3. BNI Sekuritas Innovative Trading System (BIONS)

Aplikasi trading saham online satu ini dihadirkan secara khusus oleh BBNI yang dikenal sebagai salah satu perbankan berstatus BUMN terbesar di negeri ini. BIONS memiliki user interface cukup menarik dan ramah pengguna. Untuk setoran awalnya pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 1 juta saja sebelum memulai investasi saham.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh BIONS ini di antaranya ketersediaan akun trial bagi calon investor yang hendak melakukan percobaan tanpa harus menggunakan uang asli. Berkat fasilitas satu ini, setiap calon investor dipastikan akan terbiasa untuk melakukan berbagai aktivitas trading saham online.

4. Indo Premier Online Technology (IPOT)

IPOT merupakan salah satu trading saham online yang bisa dibilang cukup populer saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini seakan menawarkan ekosistem trading online dengan beragam fitur lengkap untuk sekadar berinvestasi reksadana, ETF, maupun saham.

Keunggulan paling menarik yang diberikan oleh IPOT adalah mekanisme berupa Robo Trading dan juga Fund Evaluator. Melalui fitur tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan seluruh rangkaian instruksi pemesanan jual maupun beli untuk saham sesuai harga yang Anda tentukan. Selain itu, fasilitas ini memungkinkan Anda untuk tidak kehilangan momen melakukan kegiatan perdagangan saham di range harga yang diharapkan.

Sementara itu, kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan trading saham online IPOT ini adalah integrasi investasi antara reksadana dan saham, charting stock dan juga fund yang terbilang lengkap, serta tidak berlakunya minimum deposit ketika membuka akun. IPOT menerapkan fee jual sekitar 0,29 persen di tiap transaksi, sedangkan fee pembeliannya sekitar 0,19 persen.

5. Mirae Host

Aplikasi trading saham online persembahan dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia ini dikenal juga dengan nama HOST. Anda bisa mengaksesnya secara mudah melalui laptop maupun PC. Namun bagi Anda yang ingin mengaksesnya melalui smartphone maka akan diarahkan ke aplikasi bernama NEO HOST.

Walaupun Mirae Host ini menerapkan minimum deposit yang terbilang besar, yaitu sekitar Rp 10 juta, tetapi Anda sebagai nasabah diberi opsi untuk membuka RDN di empat lembaga perbankan berbeda. Dengan begitu, Anda memiliki segudang pilihan ketika hendak mentransfer dana. Fee yang ditawarkan juga terbilang rendah. Untuk jual sekitar 0,25 persen dan 0,15 persen untuk beli.

6. MNC Sekuritas

Seperti namanya, MNC Sekuritas merupakan aplikasi trading saham online di bawah naungan MNC Group. Ketentuan transaksi aplikasi satu ini cukup rendah dibandingkan aplikasi lain, yaitu 0,18 persen untuk fee beli dan 0,28 persen untuk fee jual. Sementara setoran awal minimum hanya Rp 100 ribu saja.

Selain itu, proses untuk membuka akun rekening MNC ini tergolong mudah. Bahkan, bisa dilakukan secara mudah dengan sistem online. Akan tetapi, Anda wajib memiliki rekening BCA jika ingin membuka akun investasi saham MNC tersebut.

7. MOST Mandiri

Seakan tak ingin ketinggalan, Mandiri Sekuritas sebagai bagian dari broker saham paling besar di Indonesia juga menyediakan aplikasi saham online bernama MOST. Diketahui, aplikasi ini memiliki user interface yang cukup friendly untuk para investor pemula. Fee jual yang ditawarkan sekitar 0,28 persen dan fee beli 0,18 persen di tiap transaksinya.

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dari MOST Mandiri adalah sistem registrasi secara online dan dukungan pelatihan mumpuni untuk setiap investor saham. Selain itu, MOST menyediakan akses secara penuh terhadap riset harian dari sejumlah analisis andal yang dimiliki Mandiri Sekuritas.

8. POEMS ID

Philips Online Electronic Mart System atau yang juga dikenal dengan sebutan POEMS ID ini adalah salah satu aplikasi trading dari Philips Securities.

Kelebihan yang dimiliki oleh POEMS adalah opsi pembukaan RDN yang beragam. Mulai dari Bank BCA, Permata, Mandiri, hingga Sinarmas jika Anda menghendaki akun konvensional. Jika Anda menginginkan akun syariah, maka pilih saja BCA Syariah.

9.   RTI Business

Bisa dibilang, RTI Business sangat memudahkan para investor untuk merancang berbagai strategi di setiap aktivitas jual dan beli saham. Pasalnya, aplikasi trading saham online satu ini menyuguhkan banyak informasi tentang charts, berita tiap emiten, IHSG, kurs, hingga data keuangan.

Bahkan, Anda bisa melihat informasi detail tentang kinerja perusahaan yang dimaksud selama lima tahun terakhir. Baik itu berupa cash flow, income statement, growth, balance sheet, earning, hingga profitability.

Bagian paling menariknya, aplikasi RTI Business ini menawarkan fitur bernama IDX atau semacam simulasi untuk melakukan trading saham. Tentu saja, fitur satu ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja menekuni dunia investasi saham.

10. Stockbit

Awalnya, Stockbit hadir sebagai sarana social trading atau komunitas forum khusus trading saham online. Tentu saja, forum ini menyajikan berbagai manfaat. Pasalnya, setiap investor bisa bertukar informasi terkini soal rekomendasi maupun emiten saham.

Tak heran jika kemudian Stockbit kian dikenal. Sebab, saham adalah instrumen investasi dengan pergerakan harga yang dipengaruhi sentimen pasar, termasuk di antaranya rumor maupun pemberitaan. Melalui forum Stockbit inilah investor saham profesional bisa menyampaikan analisis soal sentimen pasar terbaru dan seperti apa dampak yang diterima pada emiten tertentu.

Pastinya, informasi semacam ini dinilai sangat berharga untuk investor pemula. Kendati tak cukup akurat, informasi maupun analisis ini bisa digunakan sebagai pertimbangan terbaik sebelum bertransaksi saham.

Seiring waktu, Stockbit akhirnya turut menyediakan fitur jual beli saham. Hal ini terjadi setelah terjalin kerja sama antara Stockbit dan Sinarmas Sekuritas. Namun perlu Anda ingat, bahwa Stockbit bukanlah broker saham, melainkan aplikasi trading saham online. Di mana, Anda bisa saling berdiskusi, menganalisis, dan melakukan trading secara mobile.  

Kelebihan lain yang bisa didapatkan melalui Stockbit adalah dukungan aktivitas trading melalui online charting platform. Di dalam fitur ini tersedia berbagai signal saham, baik itu bandarmology hingga foreign flow. Ada pula teknikal indikator ekstra lengkap dengan Darva Box, MACD, hingga Ichimoku Cloud. Anda juga akan mendapat serangkaian data fundamental terkini untuk menjadi investor andal. Mulai dari ROE, Dividend Yield, hingga PE Ration.

Selain itu, Stockbit juga bisa membantu Anda sebagai investor melalui prinsip value investing. Jika ingin menempatkan diri sebagai trader, maka prinsip swing trading juga bisa jadi kelebihan tersendiri.

Tips memilih aplikasi trading saham online terbaik dan terpercaya

Selain mengetahui berbagai aplikasi untuk melakukan trading saham online, perhatikan juga beberapa tips memilih sekuritas terbaik seperti berikut ini;

  • Pilih dan sesuaikan aplikasi dengan status kepemilikan rekening bank. Sebab, ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan opsi tertentu untuk RDN.
  • Coba bandingkan fee trading dari beberapa aplikasi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah bertransaksi jual maupun beli. Artinya, Anda tidak harus mengeluarkan banyak fee meski sering bertransaksi nantinya.
  • Pastikan saat memilih aplikasi investasi Anda telah menyesuaikannya dengan dana yang tersedia. Pasalnya, ada beberapa perusahaan sekuritas yang ternyata mewajibkan penempatan dana cukup besar. Padahal, tidak semua investor pemula ingin menempatkan dana besar karena hanya ingin sekadar mencoba. Jika Anda adalah salah satunya, sebaiknya pilih sekuritas dengan syarat setoran awal terjangkau.
  • Anda harus memastikan bahwa aplikasi trading saham online tersebut memang gampang digunakan. Jangan lupa juga untuk membandingkan tiap user interface melalui review pada Google Play maupun App Store.

Demikian ulasan mengenai 10 aplikasi trading saham online terbaik terpercaya yang bisa Anda jadikan patokan. Menurut Anda, aplikasi mana yang paling menarik untuk digunakan?

About admin

Over the past 4 years, I have gained valuable experience in writing articles. In carrying out the role as an article writer, I am accustomed to conducting in-depth research, analyzing information, and compiling writing with a clear and organized structure. I am also always committed to providing accurate, relevant and interesting content for readers.

Check Also

Beasiswa Bahasa Korea, Cek Syarat dan Tipsnya!

Gogosumo.com – Apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa Korea? Selain menambah kemampuan bahasa yang dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *